Cara Mudah Menggunakan Windows Explorer untuk Manajemen File

Sebelum mempelajari berbagai jenis Microsoft Office (Microsoft Word, Microsoft Excel, dan keluarganya), terlebih dahulu yang harus dipelajari adalah Windows Explorer yang akan sangat berguna dalam olah file Office nantinya. 

Windows Explorer

Windows Explorer adalah program yang terdapat di windows yang digunakan untuk mengekplorasi harddisk dan ruang penyimpanan lainnya.

Untuk menjalankan Windows Explorer pada Windows 7 yaitu dengan cara: klik menu Start, klik All Programs, klik Accessories, lalu klik Windows Explorer. Jendela Windows Explorer akan ditampilkan.
 



  

Berikut tampilan Windows Explorer
 

Membuka Folder

Bila kita ingin mencari sebuah file yang tersimpan dalam sebuah folder, kita harus menelusuri folder-folder tempat file tersebut disimpan. Misalnya kita mempunyai file yang disimpan di folder dengan path sebagai berikut: D:\Dokumen Penting\proposal bulu tangkis.docx



Langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuka file tersebut adalah:

1.     Di drive D, cari dan bukanlah folder Dokumen Penting. Folder dan file-file yang terdapat di folder tersebut akan ditampilkan.



2.      Cari dan bukalah file proposal bulu tangkis.docx

Memindahkan Folder atau File


Langkah-langkah untuk memindahkan folder atau file dengan menggunakan teknik Cut dan Paste adalah:
1.     Tampilkan folder atau file yang ingin dipindahkan.
2.    Klik kanan di folder atau file. Pada menu pop-up yang muncul. Klik Cut
 


3.      Bukalah folder di mana folder atau file yang dipindahkan ditempatkan.
4.      Dijendela Windows Explorer, klik kanan. Pada menu yang muncul, klik Paste
 

Selain cara di atas langkah-langkah untuk memindahkan folder atau file dapat juga menggunakan teknik drag and drop sebagai berikut:
1.     Pastikan folder tempat ke mana folder atau file yang akan dipindahkan ditampilkan disebelah kiri jendela Windows Explorer.
2.    Tampilkan folder atau file yang akan dipindahkan disebelah kanan jendela Windows Explorer.
3.      Klik dan tahan di folder atau file tersebut.
4.     Tariklah folder atau file tersebut ke folder di mana folder atau file tersebut akan ditempatkan.
5.   Lepaskan mouse

Mengkopi Folder atau File 

Langkah-langkah untuk melakukannya adalah:
1.     Pilihlah folder atau file yang akan dikopi.
2.   Klik kanan pada folder atau file yang akan dikopi kemudian klik Copy atau dengan menekan tombol Ctrl + C di keyboard 


3.     Bukalah folder dimana folder atau file akan dikopikan.
4.   Klik kanan pada jendela Window Explorer tempat file/folder akan ditempatkan klik Paste atau dengan menekan  tombol Ctrl + V di keyboard. 

Mengganti Nama Folder atau File 


Langkah-langkah untuk mengganti nama folder atau file adalah:
1.      Klik kanan di folder atau file yang akan diganti namanya.
2.      Pada menu yang muncul, klik Rename.



3.      Hapuslah nama yang lama dan ketiklah nama yang baru.



4.      Klik di sembarang tempat di luar ikon folder atau file tersebut.

 

Menghapus Folder atau File 

Kita dapat menghapus sebuah folder atau file dengan cara memilih folder atau file yang akan dihapus, kemudian klik kanan pada folder atau file tersebut selanjutnya pada menu yang muncul klik Delete atau dengan menekan tombol Del di keyboard. Sebelum folder atau file yang dipilih dihapus, komputer akan meminta konfirmasi kepada kita terlebih dahulu, apakah kita benar-benar ingin menghapus folder atau file tersebut. 

Setelah benar-benar yakin akan menghapus file klik tombok Yes.

Menggunakan Recycle Bin  

Folder atau file yang kita hapus, tidak akan benar-benar hilang dari harddisk, melainkan akan masuk ke Recycle Bin. Folder atau file yang akan benar-benar hilang apabila sudah dihapus dari Recycle Bin. 


Untuk mengembalikan file atau folder yang ada di Recycle Bin ke tempat semula, dapat dilakukan dengan mengklik kanan di folder atau file tersebut. Kemudian di menu yang muncul klik Restore.  


Untuk menghapus folder atau file dari Recycle Bin, dapat dilakukan dengan cara mengeklik kanan file tersebut. Kemudian pada menu yang muncul klik Delete.

Mencari File

Kita dapat melakukan pencarian file dari jendela Widows Explorer dengan cara menentukan terlebih dahulu folder yang akan dicari filenya kemudian memasukkan kata kunci pada Search Box yang terdapat pada sudut kanan sebelah atas.

Demikian sedikit penjelasan tentang Menggunakan Windows Explorer untuk Manajemen File, semoga bermanfaat sebagai salah satu prasyarat belajar Microsoft Office.

Cara Mudah Menggunakan Windows Explorer untuk Manajemen File Cara Mudah Menggunakan Windows Explorer untuk Manajemen File Reviewed by KangDoel Rohman on Sunday, August 14, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.