Tampilan Microsoft Word Lengkap (2007, 2010, 2013, 2016)

MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT WORD 2010

Pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang  Langkah-langkah Membuka dan Menutup Microsoft Word Lengkap, sesuai dengan embel-embel yang ada pada judulnya yaitu Lengkap maka isinya pun membahas tentang cara membuka atau memulai dan menutup atau mengakhiri Microsoft Word lengkap dengan beragam cara dari yang mendasar, mudah, bahkan dibahas juga cara-cara cepat untuk melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Setelah mampu memulai dan mengakhiri Microsoft Word dengan berbagai cara, kali ini akan dibahas tentang Tampilan Microsoft Word dan tentunya masih sama seperti postingan sebelumnya bahwa Microsoft Word yang digunakan atau akan dibahas ini adalah Microsoft Word 2010 yang dalam segi tampilan antar muka atau interface tidaklah jauh berbeda dengan saudara-saudaranya yaitu: Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2013 dan Microsoft Word 2016.

Perbedaan tampilan yang paling terlihat adalah dengan Microsoft Word 2007 yaitu pada tombol Office Button yang diganti dengan menu File. Menu File ini mengingatkan kita pada Microsoft Word pada versi sebelum Microsoft Word 2007 yaitu Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya, bisa dikatakan bahwa tombol Office Button hanya ada pada Microsoft Word 2007.

Berikut ini akan dibahas tentang tampilan Microsoft Word 2010 yang biasanya tampil secara default. 
Tampilan Word 1

Keterangan :

Quick Access Toolbar

Tampilan Word 2

Area ini berisi beberapa icon yang berguna untuk mempercepat dalam melakukan akses tertentu sesuai dengan icon-icon yang ada di dalamnya, biasanya secara standar Quick Access Toolbar ini menampilkan : Save, Undo, Redo namun kita juga dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan yang sering kita gunakan dengan mengklik tombol Arrow Down (segitiga kecil menghadap ke bawah).

Titel Bar

Tampilan Word 3

Title Bar atau Balok Judul, menampilkan judul atau nama dari dokumen Microsoft Word yang sedang kita jalankan/buka.

Kontrol Jendela

Tampilan Word 4

Digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja Microsoft Word, pada bagian ini terdiri dari 3 ikon:   
Minimize menyembunyikan lembar kerja, 
Maximize mengecilkan dan memperbesar tampilan lembar kerja, 
Close untuk menutup lembar kerja.

Menu Bar

Tampilan Word 5

Menu Bar ini terdiri dari sederetan menu yang ditandai dengan teks yang meliputi : File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Review, View. Bila diperlukan menu pada Menu Bar ini bisa ditambahkan sesuai kebutuhan.

Ribbon


Tampilan Word 6

Ribbon merupakan area yang menampilkan isi dari Menu Bar yang sedang aktif, isi dari Menu Bar ini ditampilkan dalam bentuk group-group.

Group

Tampilan Word 7

Group adalah bagian dari Ribbon yang berisi icon-icon yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan Group nya.

Dialog box

Tampilan Word 8

Pada setiap group memiliki Dialog Box yang berfungsi untuk menampilkan jendela fungsi dari masing-masing groupnya.

Dokumen Area

Tampilan Word 9

Dokumen Area atau halaman kerja adalah tempat untuk kita membuat dokumen pada Microsoft Word.

Ruler


Tampilan Word 10

Ruler ini ada dua macam yaitu Ruler Horizontal dan Ruler Vertikal yang berguna untuk melihat ukuran pada Dokumen Area (halaman kerja).

Scroll

Tampilan Word 11

Scroll ada dua macam yaitu Scroll Vertikal dan Scroll Horizontal yang berfungsi untuk menggulung Dokumen Area (halaman/lembar kerja).

Status Bar

Tampilan Word 12

Berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi tentang dokumen yang sedang dibuka, kita bisa mengaturnya dengan cara klik kanan pada status bar yang dimaksud.

Adapun status bar yang biasanya muncul secara default adalah:
Page,untuk mengetahui tentang informasi nomer halaman
Word,untuk mengetahui informasi berapa jumlah kata yang ada dalam dokumen.
Languange : untuk mengetahui dan mengatur format bahasa  penulisan

Tombol View

Tampilan Word 13

Bagian ini berfungsi untuk melihat tampilan pada halaman kerja, terdapat mode tampilan yang dapat diubah yaitu print layout, full screen reading, web layout, outline dan draft.


Zoom

Tampilan Word 14

Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan halaman pada Microsoft Word.

Demikian pembahasan mengenai tampilan Microsoft Word 2010 semoga dapat memberikan bermanfaat bagi segenap pembaca, sebagai catatan pengingat bahwa artikel ini juga dapat diterapkan pada Microsoft Word 2007, 2103 maupun 2016.
Tampilan Microsoft Word Lengkap (2007, 2010, 2013, 2016) Tampilan Microsoft Word Lengkap (2007, 2010, 2013, 2016) Reviewed by KangDoel Rohman on Friday, August 26, 2016 Rating: 5

4 comments:

  1. mantap makasi yaa ilmunya, izin untuk di pelajari yaa

    ReplyDelete
  2. Nama:muhammad aldo kurniawan
    Kelas:7a
    No.absen:15
    Hadir

    ReplyDelete
  3. Baik Aldo, terimakasih udah absen di sini ... he he..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.