Page Setup (Pengaturan Halaman) Pada Microsoft Word


Pengaturan Halaman atau yang sering dikenal dengan Page Setup adalah tahapan yang sangat penting dalam pengerjaan sebuah dokumen Word. Pengaturan tersebut tentunya bertujuan agar dapat menghasilkan bentuk halaman yang rapih, sistematis, mudah diatur/diedit dan ketika diprint/cetak dapat menghasilkan dokumen cetak yang sesuai dengan harapan.

Pada saat ini apabila kita berbicara tentang bisa atau tidaknya seseorang bekerja dengan komputer khususnya bekerja yang berhubungan dengan aplikasi dokumen office, maka hampir dapat dipastikan bahwa persentasenya sangatlah tinggi. Akan tetapi apabila kita berbicara tentang seberapa dalam kemampuannya menggunakan aplikasi office tersebut, maka jawabannya sangatlah sedikit orang yang mampu menguasai aplikasi office dengan baik bahkan untuk sebuah aplikasi Microsoft Word yang sudah sangat populer sekalipun.   

Pembahasan tentang Page Setup kali ini, mudah-mudahan dapat membantu warga TerampilOffice untuk dapat meningkatkan kemampuan diri dalam menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word. 


Pada Microsoft Word 2010 dan keluarganya (Microsoft Word 2007, 2013, 2016), pengaturan halaman dilakukan dengan memanfaatkan Kotak Dialog Page Setup. 


Kotak Dialog Page Setup 


Langkah untuk membuka kotak dialog Page setup dapat dilakukan dengan memilih salah satu dari cara-cara berikut: 

  • Klik panah kecil (Dialog Box) di pojok kanan bawah pada Group Page Setup yang ada pada Ribbon tab Page Layout
page-setup-word-2

  • Gunakan perpaduan tombol keyboard dengan menekan tombol Alt, kemudian tombol P, kemudian tombol S dan P (Alt -> P -> SP)

Berikut tampilan jendela (dialog box) Page Setup.
page-setup-word-3

Setelah dialog box Page Setup terbuka, maka di dalamnya terdapat 3 tab (Margin, Paper dan Layout).

Tab Margin 

page-setup-word-4
Tab Margin terdiri dari: 

Group Margin

page-setup-word-5
Pada group Margin ini silahkan pilih Top untuk mengatur batas atas teks dengan tepi kertas, Bottom untuk mengatur batas bawah, Left untuk mengatur batas tepi kiri, dan Right untuk mengatur batas tepi kanan. Adapun pilihan Gutter dan Gutter Position sangat jarang digunakan. Pengaturan batas kertas dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol tombol updown atau dapat juga dengan mengetik langsung berapa batas kertas yang diinginkan pada area yang tersedia.


Group Orientation

page-setup-word-6
Pada group ini kita dapat mengatur posisi halaman dokumen, apakah potrait (berdiri) ataukah landscape (roboh).


Group Pages

page-setup-word-7

Dalam group Pages tersedia pilihan Multiple pages silahkan atur sesuai kebutuhan. Apakah pilih Normal (halaman biasa), Mirror margin (halaman seperti cermin), 2  pages per sheet (dua halaman dalam satu lembar) ataukah memilih Book fold (halaman untuk buku yang dilipat). 


Tab Paper

page-setup-word-8

Dalam tab ini terdapat group Paper size, group Paper source, dan tombol Print Options.

Group Paper size

page-setup-word-9

Dalam group ini kita dapat mengatur jenis atau ukuran kertas yang akan digunakan. Hampir sama dengan group Margin pengaturan kertas dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol popup ataupun tombol updown dan bisa juga dengan mengetik langsung berapa ukuran kertas yang diinginkan.


Group Paper source

page-setup-word-10
Secara umum group ini sangat jarang dimodifikasi/diutak utik.  


Tombol Print Options

page-setup-word-11
Tombol ini digunakan untuk mengakses pilihan model pencetakan dokumen (secara umum jarang digunakan).


Tab Layout

page-setup-word-12
Tab ini bersisi group Section, group Headers and footers, group Page, tombol Line Number dan tombol Borders.


Group Section

page-setup-word-13
Dalam group Section terdapat pilihan Section start lengkap dengan tombol Popupnya, yang berfungsi untuk memilih pemberlakuan pengaturan layout dokumen yang dikerjakan. 


Group Header and footers

page-setup-word-14
Dalam group ini silahkan ceklis kotak Different odd and even jika ingin membuat header dan footer dengan pengaturan yang berbeda antara halaman genap dan halaman ganjil, ceklis juga kotak Different firs page jika ingin membuat header dan footer dengan pengaturan yang berbeda pada halaman pertama. Pada pilihan From edge isilah jarak Header dan Footer dari tepi kertas/halaman kerja. 


Group Page

page-setup-word-15
Tentukan Vertical alignment (perataan vertikal). Pilih salah satu: Top (perataan atas), Center (perataan dari tengah), Justified (perataan atas bawah), Bottom (perataan bawah)


Tombol Line Number

page-setup-word-16
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan nomor baris pada setiap baris yang dibuat. 


Tombol Border

page-setup-word-17
Tombol Border berfungsi untuk memunculkan kotak dialog Border and Shading. 

Selain group-group dan tombol-tombol yang telah dibahas di atas, masih terdapat beberapa group dan tombol yang selalu muncul pada setiap Tab (tab Margin, tab Paper maupun tap Layout). Group dan tombol tersebut adalah sebagai berikut: 

Group Preview

page-setup-word-18
Group ini berfungsi menampilkan hasil pengaturan halaman.


Pilihan Apply to:


page-setup-word-19
Apply to ini dilengkapi dengan dengan tombol popup yang berisi: 

  • This section, berfungsi untuk memberlakukan/menerapkan pengaturan yang telah dibuat hanya pada bagian yang halamannya tampak.
  • This point forward, berfungsi untuk memberlakukan/menerapkan pengaturan yang telah dibuat pada bagian yang halamannya tampak dan bagian seterusnya.  
  • Whole document, berfungsi untuk memberlakukan/menerapkan pengaturan yang telah dibuat pada seluruh bagian dokumen yang ada. 

Tombol Set As Default

page-setup-word-20
Tombol ini berfungsi untuk membuat pengaturan yang telah dilakukan menjadi pengaturan default/baku, sehingga apa bila kita membuat dokumen baru yang pengaturannya sama maka pengaturan saat ini langsung berlaku tanpa harus mengaturnya dari awal. 


Hal terpenting yang harus dilakukan ketika telah selesai melakukan pengaturan halaman (Page Setup) adalah menekan/mengklik tombol OK
page-setup-word-21
Dengan mengklik tombol OK berarti kita telah mengiyakan semua pengaturan yang telah kita lakukan, selain tombol OK kita juga dapat menekan tombol Enter di keyboard.

Bika kita ingin membatalkan pengaturan yang telah dilakukan maka kita dapat mengklik tombol Cancel atau mengklik tanda X berwarna merah yang ada di pojok kanan atas kotak dialog Page Setup atau dengan menekan tombol Esc di keyboard.


Pengaturan Kertas F4 (Folio)

Pada tab Paper tepatnya group Paper size berfungsi untuk mengatur jenis atau ukuran kertas yang akan digunakan, ada satu ukuran kertas yaitu F4 (folio) yang sering digunakan tetapi tidak ada dalam pilihan di menu popup. Untuk menyiasati hal tersebut maka langkah paling mudah adalah dengan memilih jenis kertas Letter (Quarto), dengan pertimbangan ukuran letter mempunyai lebar yang sama dengan Folio. Setelah itu ubah ukuran Height (panjang) menjadi 33 cm kemudian klik OK, maka kertas yang akan kita gunakan adalah F4 (folio) dengan ukuran 21,59 cm x 33 cm. 

Demikianlah bahasan tentang Page Setup semoga bermanfaat, baca juga Beberapa Cara Membuat Dokumen Baru Pada Microsoft Word

Page Setup (Pengaturan Halaman) Pada Microsoft Word Page Setup (Pengaturan Halaman) Pada Microsoft Word Reviewed by KangDoel Rohman on Friday, September 08, 2017 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.